Arang merupakan residu hitam berisi karbon tidak murni hasil yang tidak memiliki kandungan air. Arang biasa didapatkan dengan memanask...

Manfaat arang bagi dunia pertanian



Arang merupakan residu hitam berisi karbon tidak murni hasil yang tidak memiliki kandungan air. Arang biasa didapatkan dengan memanaskan kayu, tulang dan benda lainnya. arang terdiri dari 85 % – 98 % karbon dan selebihnya abu atau benda kimia lainnya. Ada beberapa jenis arang yaitu arang kayu, arang sekam padi, arang tempurung kelapa, arang gergaji dan lain sebagainya. Arang sangat banyak bermanfaat bagi kehidupan dan ternyata arang bermanfaat  bagi pertanian.

berikut beberapa manfaat arang bagi dunia pertanian:

*Fentilasi udara. Udara bisa keluar masuk secara bebas karena arang memiliki jutaan rongga halus.

* Menyimpan air. Arang dapat dijadikan sebagai media untuk menetralisir kadar air dalam tanah sebab tanah yang subur harus mempunyai kemampuan menyimpan air agar tidak cepat kering pada saat musim kemarau dan tidak lembab ketika musim hujan
.
* Arang menjadi tempat berkembangbiaknya mikro-organiseme karena ia memiliki jutaan rongga yang mewadahi perkembangbiakan.

* Mampu menyerap gas atau zat beracun. Petani pada umumnya menggunakan arang untuk menetralisir air minum, cara sangat mudah cukup dengan memasukkan arang kedalam kantongan secukupnya lalu rendam kedalam sumur atau penyimpanan air lainnya.

* Arang dapat dijadikan sebagai bahan tambahan untuk pembuatan bokashi. Zat asam yang terkandung dalam arang mampu mencegah hama dan penyakit penyerang tanaman. Ukuran kadar disesuaikan kebutuhan tanaman, namun untuk tanaman yang membutuhkan perawatan lebih seperti cabai, kol, tomat, kol bunga kentang dan lain-lain petani sebaiknya meningkatkan kadar arang.

Setelah mengetahui manfaat arang terhadap pertanian, berikutnya kita akan menyajikan bagaimana cara pembuatan arang. erikut beberapa manfaat arang bagi pertanian:

1. Pertama siapkan kayu, tempurung kelapa sebagai bahan utama arang. Jika kesulitan petani juga dapat memanfaatkan sekam padi sebagai bahan utama pembuatan arang dan arang sekam padi dapat diperoleh dari gilingan padi terdekat

2. Letakkan bahan utama yang telah dipersiapkan pada suatu media tahan panas dan tahan api, seperti panic, besi, ataupun media lainnya.

3. Gunakan sedikit bahan bakar minyak dan kertas sebagai media untuk membakar bahan utama pembuatan arang

4. Bakar hingga bahan tersebut menjadi arang dan arang siap digunakan.

Itulah beberapa manfaat terhadap dunia pertanian, semoga bermanfaat bagi para petani.